Selasa, 25 Maret 2014

Sahabat Penghuni Surga

Para sahabat memiliki keistimewaan dan keunggulan yang patut kita teladani juga, bahkan para sahabat sudah diprediksi oleh Rasulullah akan masuk ke surganya Allah. Adapun beberapa sahabat yang dijanjikan Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam masuk ke surga yang tertuang dalam hadist beliau adalah :
1.    Abu Bakar ash-Shiddiq r.a, ‘Umar bin al-Khaththab al-Faruq r.a, ‘Utsman bin ‘Affan r.a,  Ali bin Abi Thalib r.a, Thalhah bin ‘Ubaidillah r.a, Az-Zubair bin al-’Awwam r.a, ‘Abdurrahman bin ‘Auf r.a, Sa’ad bin Abi Waqqash r.a, Sa’id bin Zaid r.a, Abu ‘Ubaidah bin al-Jarrah r.a.
Beliau bersabda :“Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, az-Zubair di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa’ad bin Abi Waqqash di surga, Sa’id bin Zaid di surga dan Abu Ubaidah bin al-Jarrah di surga.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi)
2.    Khadijah bintu Khuwailid r.a
Abu Hurairah r.a pernah bercerita, “Pada suatu hari ketika Rasulullah sedang berada di gua Hira, datanglah Malaikat Jibril kepada beliau seraya berkata, “Wahai Rasulullah, Khadijah akan datang menemuimu dengan membawa tempat yang berisi makanan dan minuman. Maka jika dia telah datang, sampaikanlah salam kepadanya dari Rabb-nya dan dariku, serta kabarkan kepadanya bahwa baginya sebuah rumah di surga yang terbuat dari mutiara yang tidak ada kegaduhan dan kepayahan di dalamnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
3.    Sa’ad bin Mu’adz al-Anshari r.a
Rasulullah shallallaahu ‘alihi wa sallam bersabda, “Al-’Arsy bergetar karena wafatnya Sa’ad bin Muadz.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Rasulullah bersabda, “Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya sapu tangan Sa’ad bin Muadz di surga lebih baik dan lebih indah dibandingkan jubah ini.” (HR. Bukhari dan Muslim)
4.    Bilal bin Rabah r.a
Abu Hurairah r.a bercerita, “Di pagi hari setelah shalat shubuh, Rasulullah bertanya kepada Bilal, “Wahai bilal, kabarkan kepadaku suatu amalan mulia yang kau amalkan dalam Islam, sungguh aku mendengar suara kedua sandalmu di surga.” Bilal kemudian berkata, “Aku tidaklah beramal dengan suatu amalan yang sangat bisa diharapkan. Akan tetapi, tidaklah aku berthaharah (berwudhu) melainkan setelah itu aku iringi dengan shalat 2 rakaat dari apa yang telah ditetapkan bagiku.” (HR. Bukhari dan Muslim)
5.    Hasan dan Husain r.a (Putra Ali bin Abi Thalib r.a)
Mereka termasuk ahli surga saat masih berjalan di muka bumi ini. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Hasan dan Husain adalah dua raihan (rahmat, rezki, kesayangan) ku di dunia.” (HR. Bukhari)
Rasulullah shallallaahu ‘alihi wa sallam juga bersabda, “Hasan dan Husain, keduanya adalah pemuka para pemuda surga.” (HR. at-Tirmidzi)
6.    Tsabit bin Qais al-Anshari r.a
Rasulullah shallallaahu ‘alihi wa sallam berkata kepada salah seorang sahabat, “Pergilah kepada Tsabit dan kabarkan kepadanya bahwa engkau bukan dari penduduk neraka, akan tetapi justru termasuk dari penduduk surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)
7.    Dan masih ada beberapa lagi yang lain

Siapa yang tidak ingin ikut serta masuk ke surga bersama Rasulullah dan para sahabatnya?

Semoga kita dimasukkan ke dalam surga-Nya Allah Ta’ala, dengan catatan bahwa kita beriman dan bertaqwa kepada Allah Ta’ala dan memohon ridho-Nya serta berdo’a untuk dimasukkan ke dalam surga-Nya. aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar